Perbedaan Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wanita

10 Jul

Perbedaan Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wanita – Diet pria tidaklah sama dengan diet wanita. Perbedaan diet wanita dan pria sebagian besar disebabkan perbedaan bentuk fisik. Ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa sisi emosional dan peran gender juga mempengaruhi perbedaan diet antara dua jenis kelamin. Kali ini kita akan membahas apa yang menyebabkan cara menurunkan berat badan antara pria dan wanita bisa berbeda.

Perbedaan asupan kalori yang dibutuhkan

Pria memiliki tubuh lebih tinggi dan komposisi tubuhnya memiliki jumlah massa otot yang lebih besar daripada wanita. Jadi tubuh pria akan lebih banyak membakar kalori dan yang berarti pria membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak. Sedangkan komposisi lemak wanita lebih banyak 11% daripada pria yang menyebabkan wanita membutuhkan asupan kalori lebih sedikit. Meskipun wanita dan pria berada di kelompok umur sama dan dengan tingkat aktivitas yang sama, mereka tetap akan memiliki berat badan yang berbeda dan asupan kalori yang dibutuhkan berbeda juga.

Perbedaan kebutuhan nutrisi

Pria dan wanita memiliki masalah kesehatan yang berbeda begitu juga dengan tingkat risiko penyakit. Oleh karena itu jelas kebutuhan nutrisi akan berbeda antara dua jenis kelamin. Sebagai contoh wanita lebih membutuhkan zat besi karena wanita banyak kehilangan zat besi saat menstruasi. Pria lebih membutuhkan serat karena tingkat risiko kanker usus pada pria lebih tinggi dari wanita. Wanita juga lebih membutuhkan kalsium karena tingkat risiko osteoporosis pada wanita lebih tinggi.

Jumlah asupan protein harus lebih diperhatikan pada diet pria karena jumlah massa otot pria yang lebih besar. Asupan protein harus berjumlah kurang lebih 15% dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Sebagai contoh jika Anda seorang pria dengan berat badan 80 kg, jumlah kalori yang disarankan adalah 2800 kalori. Dari sini Anda bisa menghitung bahwa Anda membutuhkan asupan protein sebanyak 420 kalori. Baik wanita maupun pria sebaiknya menjaga asupan lemak agar tidak lebih dari 30% jumlah kalori total saat menerapkan cara menurunkan berat badan.

Perbedaan emosional dan peran gender

Para ahli berpendapat bahwa pria cenderung lebih cepat menurunkan berat badan dan lebih mampu mempertahankan berat badan idealnya daripada wanita. Hal ini dikarenakan pria langsung cepat beraksi saat mereka sudah berniat menurunkan berat badan. Berbeda dengan wanita yang masih dipengaruhi faktor emosional untuk menurunkan berat badan. Belum lagi wanita lebih mudah teralihkan pikirannya dan lebih mudah terpengaruh pendapat orang lain sehingga proses menurunkan berat badan akan lebih lambat daripada pria.

Peran gender juga mempengaruhi perbedaan cara menurunkan berat badan pria dan wanita. Peran gender wanita seperti berbelanja kebutuhan rumah tangga dan memasak untuk anggota keluarga membuat wanita banyak menemui godaan makanan sehingga akan lebih sulit bagi mereka memenuhi jumlah kalori yang disarankan.

Demikian Perbedaan Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wanita yang perlu anda ketahui untuk melakukan program penurunan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *