Pelangsing Tubuh yang Aman untuk Ibu Menyusui

5 Aug

Pelangsing Tubuh yang Aman untuk Ibu Menyusui – Pelangsing tubuh yang aman untuk ibu menyusui saat ini menjadi incaran sebagian wanita yang baru saja melahirkan. Badan yang membengkak dan bobot tubuh yang aduhai besarnya setelah melahirkan, tentu menjadi masalah tersendiri. Kegalauan semakin meningkat saat mereka tidak dapat melakukan diet dengan cepat karena masih harus menjalani fase menyusui. Satu sisi mereka khawatir jika diet yang dilakukan akan mengganggu produktivitas ASI, di sisi lain mereka merasa terganggu dengan berat badan berlebih.

Pertanyaan yang kemudian sering ditanyakan kaum ibu adalah apakah ada diet yang aman dan menyehatkan bagi ibu menyusui? Apakah ada diet yang tidak mengganggu produksi ASI namun mampu melangsingkan tubuh sang ibu? Jawabannya, ada. Dengan catatan, Anda harus menambah asupan makanan sebanyak 300 kkal per hari agar kebutuhan sang bayi tidak terganggu.

Lalu, bagaimana cara diet yang aman itu? Berikut ini diberikan beberapa cara melangsingkan tubuh yang aman untuk ibu menyusui:

1. Mengatur Porsi Makan

Dalam hal ini, Anda tidak disarankan untuk mengurangi jumlah makan setiap harinya. Dalam diet ini, yang diatur adalah porsi makannya. Makanlah sesering mungkin, namun dengan porsi makan sedikit-sedikit. Misalnya, dalam satu hari makan hingga enam kali. Jangan sekali-kali makan dengan porsi besar karena dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dengan mengatur porsi makan, berat badan Anda akan berangsur menurun.

2. Mencukupi Kebutuhan Tubuh akan Nutrisi

Pada saat menyusui, tubuh seorang ibu membutuhkan nutrisi yang banyak. Penuhilah nutrisi tersebut, seperti karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah, dan sebagainya. Mengonsumsi makanan yang mengandung semua nutrisi tubuh secara teratur justru dapat membuat tubuh menjadi langsing.

3. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu menjaga kebugaran tubuh. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk meminum air putih setelah melakukan suatu aktivitas. Hal ini untuk menghindari dehidrasi yang berdampak pada produksi ASI. Banyak mengonsumsi air putih tidak akan mengalami kegemukan karena air tidak mengandung lemak.

4. Menghindari Junk Food dan Minuman Beralkohol

Makanan cepat saji sangat tidak dianjurkan karena pada umumnya mengandung lemak jahat penyebab kegemukan. Begitu juga dengan minuman beralkohol. Oleh karena itu, saat menyusui dan ingin segera langsing, hindari kedua jenis asupan tersebut.

5. Menyusui hingga Anak Berusia 2 Tahun

Cara ampuh dan aman untuk menurunkan berat badan seorang ibu yang baru saja melahirkan adalah melakukan program menyusui selama dua tahun. Cara ini juga dinilai efektif karena tanpa efek samping. Namun, tentu saja program ini akan berhasil jika ASI yang dihasilkan masih lancar.

Demikian tips melangsingkan tubuh bagi ibu menyusui yang sehat, aman, dan tanpa efek samping. Tidak perlu Anda melakukan diet ketat yang justru akan menyiksa diri Anda sendiri dan merugikan buah hati. Dari informasi tersebut, kini Anda mengetahui pelangsing tubuh yang aman untuk ibu menyusui, bukan?

Baca juga 5 cara menurunkan berat badan ketika menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *