Mengapa Bisa Terjadi Penumpukan Lemak di Perut, Apa Penyebabnya?

10 Jul

Penumpukan Lemak di Perut – Mempunyai perut buncit atau besar bukanlah hal yang diinginkan oleh setiap orang baik muda maupun tua. Selain karena masalah kesehatan mempunyai perut buncit juga akan menurunkan rasa kepercayaan diri di depan lawan jenisnya. Perut buncit juga akan membuat seseorang sulit untuk melakukan aktifitas karena terbatasnya gerak yang bisa dilakukannya. Gerak seperti menunduk, jongkok, lari, dan juga duduk tegap akan terasa berat dan menyusahkan.

Masalah perut buncit ini membuat banyak orang berlomba-lomba mencari cara menurunkan berat badan yang efektif untuk menghilangkan lemak tersebut. Mulai dari mengatur pola makan, berolahraga, sampai dengan mengkonsumsi obat-obatan demi mendapatkan perut yang ideal dan rata sebagaimana orang pada umumnya. Akan tetapi ada baiknya untuk mengenali penyebab terjadinya penumpukan lemak di perut yang menyebabkan buncit. Dengan mengetahui akar permasalahannya maka akan didapatkan cara menurunkan berat badan dan meratakan perut buncit yang lebih efektif. Berikut ini beberapa kebiasaan yang menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Kurang Olahraga

Olahraga adalah kebutuhan penting yang paling sering ditinggalkan oleh seseorang. Berbagai alasan mulai kesibukan bekerja, malas, tidak mempunyai perangkat yang memadai sampai terlalu lelah dengan aktifitas seharian merupakan beberapa contoh orang tidak berolahraga. Padahal olahraga sangat baik untuk membakar kalori tubuh sehingga mampu melarutkan lemak secara efektif. Adapun olahraga yang dapat membantu untuk menghilangkan perut buncit bisa dengan lari, bersepeda, dan sit up. Paling penting adalah rutin melakukannya setiap hari dengan waktu yang paling baik adalah pagi dan sore hari.

Kurang Tidur

Penyebab perut buncit berikutnya adalah tidur tidak teratur dan sering begadang sehingga jam tidur menjadi berkurang. Alasannya tentu saja organ yang seharusnya beristirahat harus bekerja lagi sehingga membuat orang akan mudah lapar dan mengkonsumsi sembarang makanan di malam hari. Apalagi ketika tidur organ pencernaan secara otomatis melakukan hibernasi dan memproduksi enzim yang digunakan membantu pencernaan. Jadi jika seseorang kurang tidur tentu saja organ pencernaan tidak akan bisa bekerja dengan maksimal, akibatnya adalah penumpukan lemak pada perut yang membuat buncit.

Baca juga : Perbedaan Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wanita

Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang nikmat dan enak apalagi diminum dalam keadaan dingin dengan cuaca yang panas. Akan tetapi jika dikonsumsi secara rutin maka akan menganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Minuman bersoda juga menstimulasi lambung untuk meningkatkan rasa lapar sehingga tubuh akan menuntut untuk diberi makanan terus menerus.

Stres atau Banyak Fikiran

Stres dengan pekerjaan atau dengan masalah-masalah di sekitar lingkungan juga mempengaruhi keadaan lemak yang ada di dalam tubuh. Hormon yang dikeluarkan karena stres akan menganggu sistem tubuh untuk melarutkan lemak sehingga akan lebih sulit untuk membakar lemak ketika dalam keadaan stres. Belum lagi sebagian besar orang melampiaskan rasa stresnya dengan mengkonsumsi makanan yang tak bisa diatur kadarnya dan juga minuman alkohol sebagai pendampingnya. Hal ini tentu saja membuat kandungan lemak dalam tubuh semakin membesar dan sulit untuk dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *