Konsumsi Jus Kemasan Untuk Menurunkan Berat Badan?

11 Jul

Konsumsi Jus Kemasan Untuk Menurunkan Berat Badan – Setiap dokter kesehatan atau pakar diet badan selalu mendepankan pola nutrisi yang sehat untuk dikonsumsi dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan untuk mengambil manfaat vitamin dan mineralnya. Terdapat banyak buah-buahan yang bisa dijadikan pendamping saat menjalani progam diet. Mengkonsumsi buah-buahan dianggap sebagai cara menurunkan berat badan paling aman dan efektif agar memperoleh tubuh yang ideal tanpa harus menggunakan bahan pengawet. Karenanya banyak orang yang memiliki berat badan berlebih memilih untuk mengganti asupan makanannya dengan buah-buahan segar.

Pertanyaan yang paling masuk akal adalah daya tahan buah tersebut. Maksudnya adalah jika tidak segera dikonsumsi maka buah akan rawan mengalami pembusukan dan menjadi racun jika terlambat dalam mengkonsumsinya. Salah satu solusi yang digunakan adalah membuat jus buah dan memasukkannya adalam kulkas. Atau yang lebih praktis lagi adalah dengan membeli jus buah kemasan di supermarket atau toko terdekat. Cara ini dianggap lebih praktis karena hanya tinggal beli dan menikmati tanpa harus mengiris dan mengupas terlebih dahulu.

Namun tanpa disadari bahwa jus kemasan tidaklah dianjurkan dikonsumsi secara rutin oleh berbagai ahli dan pakar kesehatan. Meskipun mempunyai rasa yang enak dan praktis akan tetapi dari sisi lain jus kemasan mempunyai dampak negatif yang perlu diketahui khususnya bagi orang yang sedang dalam progam menurunkan berat badan atau diet.

Hindari Konsumsi Jus Kemasan Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah alasan mengapa jus kemasan perlu dihindari oleh orang yang sedang diet.

Bukan Buah Segar

Meskipun dalam iklan atau dalam kampanyenya selalu melabeli buah dengan segar dan alami akan tetapi bisa jadi buah yang digunakan bukanlah buah yang segar karena sudah pasti disimpan terlelbih dahulu dalam kulkas dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Hal ini demi menjaga ketersediaan buah ketika belum musim panennya. Dengan demikian kandungan dalam buah pun sedikit demi sedikit tergerus hingga akhirnya menyisakan sedikit saja.

Baca juga : Kombinasi buah untuk menurunkan berat badan

Pemanis Buatan

Pemanis yang digunakan dalam jus kemasan adalah pemanis buatan untuk menguatkan rasa manis dalam buah tersebut. Apalagi jika jus buah yang digunakan merupakan buah yang tidak mempunyai manis menyengat seperti jambu dan strawberry. Penggunaan pemanis ini untuk menjadikan orang yang mengkonsumsinya merasa enak dan ketagihan untuk selalu mengkonsumsinya dengan rutin. Padahal bahaya yang dikandung dalam kadar gula yang tinggi adalah penghambatan pembakaran energi dan lemak dalam tubuh.

Perisa Buatan

Bukan hanya pemanis buatan saja, akan tetapi di dalam jus kemasan seringkali didapati terdapat perisa buatan yang digunakan untuk memperkuat rasa dan aroma dari buah itu sendiri. Perisa buatan ini akan berbahaya dan tidak baik untuk ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Bagi orang yang sedang giat melakukan progam diet perisan buatan akan menghambat sistem metabolisme tubuh dalam melarutkan lemak sehingga akan membuat lemak semakin menumpuk dan sulit untuk dicerna atau dilarutkan. Konsumsi Jus Kemasan Untuk Menurunkan Berat Badan harus dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *