Cara Menurunkan Berat Badan bagi Penderita Maag

6 Aug

Cara menurunkan berat badan bagi penderita maag sebenarnya tidaklah sulit. Caranya sama persis dengan diet yang dilakukan orang sehat. Anda hanya butuh memperhatikan jenis makanan yang tidak memicu meningkatnya asam di lambung.

Banyak penderita maag yang khawatir jika melakukan diet. Mereka berpikiran, diet adalah mengurangi pola makan atau membatasi makanan yang dikonsumsi. Padahal, dengan berkurangnya makanan yang masuk ke dalam tubuh, maag pun akan kambuh. Jelas itu pendapat yang salah. Sebab, dalam diet, yang dikurangi bukan jumlah makanan, tapi jumlah kalori. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan bagi penderita maag? Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Membuat Jadwal Makan yang Sehat

Buatlah jadwal makan setiap tiga jam sekali dengan porsi sedikit. Kemudian, makanlah sesuai jadwal tersebut. Jangan sekali-kali terlambat makan karena hal itulah yang justru membuat maag menjadi kambuh.

  1. Memilih Menu Sehat dan Aman bagi Lambung

Pada saat makan, pilihlah menu makanan yang sehat dan aman bagi lambung. Aman di sini berarti tidak memicu timbulnya maag, yaitu makanan yang susah dicerna. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu timbulnya maag antara lain coklst, gorengan, tart, makanan pedas dan bergas, nangka, sawi, dan sebagainya.

  1. Menghindari Pola Hidup Tidak Sehat

Salah satu pola hidup yang tidak sehat adalah merokok. Kegiatan ini sangat dianjurkan untuk ditinggalkan karena dapat meningkatkan produksi gas berlebih dan asam pada lambung. Hal inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung, nyeri, dan mual. Meskipun tidak terlambat makan, Anda tetap akan terkena maag jika merokok. Oleh karena itu, jika ingin hidup sehat dan berat badan Anda menurun, segera berhentilah merokok.

  1. Melakukan Olahraga secara Teratur

Untuk memaksimalkan program diet yang sedang Anda jalani, lakukan olahraga secara teratur. Dalam hal ini, Anda tidak perlu melakukan olahraga berat. Cukup dengan jalan kaki, jogging, atau bersepeda, lemak yang ada di dalam tubuh Anda pun akan mudah terbakar. Dengan catatan, lakukan dengan teratur dan disiplin.

  1. Menjaga Agar Cukup Istirahat

Kurang tidur ternyata juga bisa menjadi pemicu timbulnya maag. Oleh karena itu, agar program penurunan berat badan Anda berjalan lancar, istirahat dengan cukup. Dalam satu hari, usahakan untuk tidur selama 8 jam.

  1. Menjaga Emosi

Sebenarnya, emosi bukan penyebab munculnya maag, tapi bisa memperparah penyakit maag yang sudah ada. Oleh karena itu, agar program penurunan berat badan Anda tidak terganjal sakit maag, jagalah emosi Anda. Usahakan agar Anda tidak mengalami stres. Terus berpikir positif dan menghilangkan pikiran negatif adalah salah satu caranya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Semoga uraian tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui cara menurunkan berat badan bagi penderita maag. Baca juga artikel cara menurunkan berat badan secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *