Cara Menurunkan Berat Badan Akibat Suntik KB

29 Mar

Cara Menurunkan Berat Badan Akibat Suntik KB – Efek penggunaan alat kontrasepsi baik itu mengkonsumsi obat ataupun melakukan suntik KB secara rutin pasti akan dialami setiap wanita. Meskipun begitu, efeknya pastilah berbeda pada tiap orang. Namun, yang paling sering dialami oleh kebanyakan wanita adalah kenaikan berat badan yang berlebihan. Hal ini bahkan menjadi momok dan kekhawatiran tersendiri karena terkadang berat badan yang naik sulit untuk dikendalikan. Akibatnya, badan akan menjadi melar dan penampilan pun mengalami perubahan yang sangat drastis.

Pil KB mengandung Hormon Esterogen

Dalam pil ataupun suntik KB mengandung cukup banyak komposisi hormon kesuburan wanita yaitu Esterogen. Sifat Esterogen ini sendiri adalah untuk memicu dan meningkatkan produksi dari hormon ghrelin dan leptin yang ada di dalam otak. Hormon-hormon tersebut berfungsi meningkatkan nafsu makan seseorang. Inilah yang menyebabkan perasaan mudah lapar dan ingin selalu ngemil makanan yang manis dimana pada akhirnya menimbulkan efek kenaikan berat badan. Selain itu, sifat esterogen lainnya adalah mengurangi produksi air kencing atau urin. Hal ini menyebabkan tubuh tidak mampu membuang cairan hasil metabolisme dengan baik dan malah disimpan bersama dengan lemak. Anda jangan heran kalau kegemukan yang dialami karena suntik KB sifatnya lebih bergelambir.

Cara Menurunkan Berat Badan Akibat Suntik KB

Bagi sebagian besar wanita, kenaikan berat badan yang drastis memang menjadi masalah tersendiri, apalagi bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Namun, bukan hanya penampilan fisik saja yang patut Anda pikirkan tetapi dampak buruknya terhadap kesehatan. Sudah jelas sekali kalau tubuh yang terlalu banyak menimbun lemak merupakan sumber dari beragam penyakit berbahaya, antara lain seperti serangan jantung, diabetes, kolesterol, dan sebagainya. Meskipun suntik KB merupakan alasan utama badan jadi gemuk, tapi Anda juga tidak mungkin menghentikan program tersebut bukan? Ada cara lain yang bisa digunakan untuk menurukan berat badan yang diakibatkan oleh penggunaan suntik KB.

1.Menjaga Pola Makan
Anda harus berusaha kuat untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan, khususnya kebiasaan ngemil. Makanan ringan, berlemak, dan bersifat manis akan semakin membuat berat badan jadi semakin naik. Apabila kebiasaan tersebut susah dihilangkan maka sebaiknya gantilah menu cemilan dengan buah atau sayur.

2.Olah Raga Teratur
Anda juga jangan melupakan kegiatan penting yang satu ini karena metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan lancar jika diimbangi dengan olah raga. Lemak, kotoran, dan toksin dalam tubuh akan dibuang melalui keringat yang Anda keluarkan ketika berolah raga.

3.Minum Air Putih Lebih Banyak
Cara menurunkan berat badan akibat suntik KB dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih akan membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena kelebihan esterogen yang didapat dari suntik KB akan membuat produksi urin sedikit. Oleh sebab itu dengan minum air putih yang banyak maka sistem pembuangan urin akan lebih lancar sehingga kotoran dan racun di dalam tubuh juga bisa keluar. Selain air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air seperti selada, sawi, buah apel, semangka, melon, dan masih banyak lagi.

4.Konsultasi dengan Dokter
Karena Anda tidak bisa menghentikan program KB maka cara terbaik adalah mengganti cara KB tersebut. Berkonsultasi dengan dokter merupakan hal yang harus Anda lakukan pertama kali. Dokterlah yang lebih mengetahui tentang kondisi yang Anda alami dan mampu menemukan obat KB yang tepat.

Kenaikan berat badan memang sering dialami kebanyakan wanita, terutama karena melakukan program KB. Hal ini dikarenakan beberapa cara KB tersebut mampu mempengaruhi kerja dan produksi hormon di dalam tubuh. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi kalau masalah berat badan tersebut tidak bisa diatasi. Mulai sekarang cobalah untuk menerapkan empat tips di atas secara teratur agar masalah obesitas Anda bisa diatasi.

Baca juga cara menurunkan berat badan ketika menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *