Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Penderita Obesitas

6 Aug

Cara efektif menurunkan berat badan penderita obesitas kini sedang banyak dicari. Pada umumnya, para penderita obesitas akan berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan berat badannya. Mereka melakukan diet yang terkadang tidak masuk akal. Tubuh dipaksa untuk menahan makan dalam waktu lama. Atau, mengonsumsi berbagai obat pelangsing tanpa rekomendasi dokter. Apakah cara- cara seperti ini efektif? Tentu tidak!

Menurunkan berat badan secara instan justru dapat membahayakan tubuh itu sendiri. Mungkin, dengan cara-cara tadi berat badan memang mengalami penurunan secara drastis. Namun, biasanya tidak akan bertahan lama, selanjutnya berat badan justru semakin membengkak. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan? Lalu, bagaimana cara efektif menurunkan berat badan penderita obesitas? Beginilah caranya:

  1. Menentukan Besar Penurunan Berat secara Realistis

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan melakukan program penurunan berat badan adalah menentukan besarnya penurunan berat yang akan dicapai. Sebaiknya, tentukan penurunan secara bertahap, tidak langsung turun secara drastis. Misalnya, tahap pertama dapat turun 2–3 kg dalam jangka waktu satu bulan. Penurunan yang sedikit ini akan mudah dicapai dan dapat menumbuhkan semangat untuk melakukan penurunan berat badan tahap kedua. Begitu seterusnya.

  1. Berolahraga secara Rutin dan Serius

Lakukan olahraga secara teratur setiap hari. Jangan biarkan tubuh banyak berdiam diri atau tidur. Adapun olahraga yang bisa dilakukan agar lemak dalam tubuh dapat terbakar misalnya jalan kaki atau jogging. Lakukan secara teratur dan serius untuk hasil optimal.

  1. Mengatur Pola Makan

Inilah hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam program penurunan berat badan. Dalam hal ini, yang perlu Anda ingat adalah kurangi porsi makan setiap kali makan, bukan mengurangi makan. Akan lebih baik jika dalam satu hari makan 5–6 kali dengan porsi sedikit daripada makan 3 kali sehari dengan porsi banyak, meskipun total porsinya sama. Dan, yang terpenting juga, kurangi jumlah kandungan kalori dalam makanan. Namun begitu, jangan sampai tidak mengonsumsi makanan berkalori.

  1. Rajin Minum Air Putih

Air putih tidak tidak mengandung lemak, jadi aman jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bahkan, banyak minum air putih justru dapat memperlancar metabolisme tubuh dan membantu program pelangsingan tubuh. Minumlah satu gelas air putih sebelum makan. Hal ini membuat perut menjadi kenyang sehingga makanan yang dikonsumsi hanya dalam porsi sedikit.

  1. Rajin Mengontrol Perkembangan Tubuh

Kontrol tubuh ini meliputi mengukur besar lengan, dada, dan lingkar pinggang maupun paha. Jangan lupa juga untuk menimbang berat badan. Cek juga banyaknya lemak di dalam tubuh. Jangan takut dengan hasil yang dicapai. Kontrol tubuh ini untuk mengetahui dan mengevaluasi program penurunan berat badan yang Anda lakukan.

Itulah lima cara efektif menurunkan berat badan penderita obesitas. Baca juga artikel pelangsing alami yang aman.

Baca juga Tips Menurunkan Berat Badan Aman Tanpa Diet dan Lapar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *