5 Penyebab Kegemukan pada Anak-anak

3 Aug

5 penyebab kegemukan pada anak-anak perlu Anda ketahui agar buah hati terhindar dari obesitas. Saat ini, obesitas memang telah menjadi momok bagi masyarakat. Tidak hanya bagi orang dewasa, namun juga anak-anak. Pandangan bahwa anak yang gemuk dan menggemaskan adalah anak yang sehat semakin memperparah kondisi ini.

Obesitas dapat mengakibatkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya. Tentu menjadi tanggung jawab orang tua agar anak terhindar dari obesitas. Sebenarnya, banyak penyebab dari obesitas tersebut. Namun, semuanya dapat dirangkum dalam lima hal. Apa saja lima penyebab kegemukan pada anak-anak tersebut? Dan, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Faktor Gen

Gen ternyata dapat menjadi penyebab anak mengalami obesitas. Oleh karena itu, jika ada keluarga yang mengalami obesitas, orang tua harus ekstra hati-hati saat menyediakan makanan untuk anak.

2. Kurangnya Melakukan Aktivitas Fisik

Seorang anak yang hanya senang bermain gadget atau menonton televisi dalam waktu lama, rentan terkena obesitas. Banyaknya asupan makanan yang tidak diimbangi dengan aktivitas fisk mengakibatkan adanya timbunan lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, batasi waktu penggunaan gadget dan televisi bagi anak. Perbanyak permainan yang membuat tubuhnya banyak melakukan gerakan.

3. Asupan Makanan yang Tidak Sehat

Menyediakan makanan cepat saji atau makanan dalam kemasan bagi anak memang lebih meringankan pekerjaan orang tua. Namun, itu sangat tidak baik bagi perkembangan tubuh sang anak sendiri. Pada umumnya, makanan cepat saji banyak mengandung lemak. Padahal, makanan yang tinggi lemak membuat anak mudah terkena obesitas. Terlebih jika anak tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

4. Asupan Minuman Ringan

Minuman ringan (soft drink) biasanya banyak mengandung gula dan menyegarkan. Sehingga, banyak anak yang gemar mengonsumsinya. Padahal, dengan mengonsumsinya secara berlebihan dapat mengakibatkan berat badan meningkat dengan cepat.

5. Contoh dari Orang Tua

Pada umumnya, orang tua yang mengalami kegemukan, anak-anaknya juga akan mengalaminya. Sebab, pola makan dari orang tua akan diterapkan pada anaknya. Akibatnya, sang anak pun rentan terkena obesitas.

Dengan menghindari kelimanya, orang tua dapat menyelamatkan anak dari obesitas. Apa saja yang perlu orang tua lakukan? Pertama, memberikan asupan makanan dan minuman yang sehat. Jangan biarkan anak sering jajan di luar. Akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri sehingga lebih menyehatkan.

Kedua, sering mengajak anak bermain di luar rumah agar banyak melakukan gerak fisik. Temani sang anak agar dia merasa tidak bosan. Batasi waktunya untuk bermain gadget, menonton televisi, dan kegiatan yang banyak berdiam diri. Ketiga, memberi contoh hidup sehat, yaitu orang tua juga menerapkan pola hidup sehat. Dengan menerapkan ketiga hal tersebut, diharapkan Anda dapat menghindari lima penyebab kegemukan pada anak-anak.

Baca juga cara memilih obat pelangsing yang tepat dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *